Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Seminar Nasional & Call For Paper Asosiasi Program Magister Manajemen Indonesia (APMMI)
Judul: PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP NILAI PELANGGAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEMASARAN KAIN SONGKET IN STYLE DI TANGAN GENERASI MUDA YANG KAYA INSPIRASI (Kajian Ilmiah terhadap Kain Tenun Songket di Palembang)
Perguruan Tinggi: Universitas Widyatama
Jenis/sdm: dosen/0428025602

Tahun: 2014

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui, menggali, mengungkapkan pengetahuan yang memiliki keterkaitan melalui kajian ilmiah. Sampel yang diteliti sebanyak 200 pengguna kain songket. Metode penelitian yang digunakan bersifat descriptif, sedangkan verifikatif digunakan untuk mengetahui sampai sejauh mana peran Inovasi Produk, Nilai Pelanggan, dan Kinerja Pemasaran di zaman modern yang sarat persaingan melalui pengujian hipotesis, pendekatan pemodelan dalam tehnik solusi dan alat ananilis yang digunakan yaitu Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian terungkap bahwa Inovasi Produk tidak selalu memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk tetap berkreasi, sulitnya bahan baku yang dibutuhkan, berpengaruh pada Nilai Pelanggan. Menjadikan citra perusahaan dalam memproduksi Kain Tenun Songket kurang memuaskan, selain Kain Tenun Songket yang diproduksi belum sepenuhnya mengarah kepada desain motif yang siap dipindahkan ke dalam pola gambar. Kendala lainnya adalah minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu alat produksi tenun Kain Tenun Songket yang masih tradisional, membuat generasi muda enggan menekuni proses produksi yang membutuhkan waktu lama. Akibatnya berimbas kepada Kinerja Pemasaran karena generasi muda menganggap menenun adalah suatu pekerjaan yang membosankan dan melelahkan.