Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Seminar Nasional Kewirausahaan & Inovasi Bisnis VI
Judul: PENGARUH COLLABORATIVE DAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP BERORIENTASI PADA TINDAKAN (STUDI PADA MAHASISWA S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG
Perguruan Tinggi: Universitas Widyatama
Jenis/sdm: dosen/0423058802#0411055701#0424058604

Tahun: 2016

Salah satu karakteristik entrepreneur adalah selalu berorientasi pada tindakan. Fenomena yang terjadi,

sering ditemui orang yang enggan untuk berbuat sebagai entrepreneur karena berbagai alasan. Untuk

mengatasi maslah ini, pendidikan kewirausahaan yang berkualitas sangat dibutuhkan. Hingga saat ini,

proses pendidikan kewirausahaan masih terus memerlukan pengembangan dan perbaikan untuk

menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa entrepreneurship. Salah satu model pendidikan yang sedang

dikembangkan adalah Student Centered Learning Model dengan metode Collaborative dan Project Based

Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tersebut dalam menciptakan sikap

mahasiswa yang selalu berorientasi pada tindakan. Unit analisis penelitian ini adalah pelaksanaan metode

Collaborative dan Project Based Learning di Departemen Akuntansi Universitas Widyatama. Penelitian

ini difokuskan pada pelaksanaan pendidikan di Semester genap 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dengan

metode deskriptif kualitatif dan juga didukung oleh analisis kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan

melalui investigasi dokumen pembelajaran, observasi kegiatan, wawancara dan diskusi dengan dosen

pengampu mata kuliah kewirausahaan. Wawancara juga dilakukan dengan para peserta didik (mahasiswa)

baik menggunakan kuesioner tertutup (close ended questionnaires) dan kuesioner terbuka (open ended

questionnaires)) kepada mahasiswa peserta perkuliahan kewirausahaan semester genap 2014/2015 pada

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Widyatama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa

collaborative dan project base learning telah diupayakan untuk dilaksanakan dan ditingkatkan dari waktu

ke waktu. Selanjutnya, collaborative dan project base learning berperan positif yang signifikan dalam

menciptakan sikap berorientasi aksi mahasiswa yang merupakan salah satu fondasi yang mengembangkan

semangat kewirausahaan. Oleh karena itu, pengembangan dan perbaikan dalam hal ini perlu dilakukan terus

menerus.