Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Inisiasi Menyusui Dini (IMD)
Judul: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IBU BERSALIN DALAM PELAKSANAAN IMD DI RSD GUNUNG JATI KOTA CIREBON
Perguruan Tinggi: Akademi Kebidanan Bhakti Asih Purwakarta
Jenis/sdm: dosen/04417515042#0408036704

Tahun: 2018

ABSTRAK

Latar Belakang: Pentingnya melakukan IMD dengan benar selain untuk mencegah penyebab kematian pada bayi juga sebagai pendukung keberhasilan program ASI Eksklusif yang dapat menurunkan angka kematian pada bayi. Menurut hasil Depkes 2013 persentase IMD tertinggi terdapat di provinsi NTB (52,9%) dan terendah di provinsi Papua Barat (21,7%), sedangkan di Jawa Barat sendiri tercatat (29,5%).

Metode : Penelitian ini adalah penelitian deskritif dengan pendekatan cross sectional. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah kuisioner. Variabel yang diteliti diantaranya adalah usia , paritas , pendidikan , pekerjaaan , pengetahuan dan jenis persalinan. Sampel yang diambil sebanyak 60 responden ibu bersalin dengan metode Accidental Sampling. Teknik  pengumpulan data dengan data primer. Teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis univariat dan analisis bivariate.

Hasil :Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan variabel yang berpengaruh adalah paritas (p=0,002), pengetahuan (p=0,002), jenis persalinan (p=0,000). Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh adalah usia ibu (p=0,069), pendidikan (p=0,076), pekerjaan (p=0,079).

Kesimpulan : Melalui penelitian ini diharapkan petugas kesehatan dapat menyampaikan informasi tentang IMD melalui penyuluhan berupa leaflet,brosur atau yang menarik perhatian ibu bersalin sehingga dapat menambah pengetahuan ibu,merubah sikap ibu terkait IMD dan ibu dapat mempersiapkan kondisi fisik dan mentalnya untuk melaksanakan IMD.

Kata kunci       : IMD, Paritas, Pengetahuan, Jenis Persalinan