Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Jurnal Ekonomi,Bisnis& EntrepreneurshipVol. 9, No. 2, Oktober 2015, 80-101ISSN2443-2121
Judul: ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, DISTRIBUSI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPUASAN PELANGGAN
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan
Jenis/sdm: dosen/0414057009

Tahun: 2015

Tujuan  penelitian  ini  untuk  mengetahui  bagaimana  produk,  harga,  distribusi,  promosi, keputusan  pembelian,  dan  kepuasan  pelanggan  dan  seberapa  besar  pengaruh  produk, harga,  ditribusi,  dan  promosi  terhadap  keputusan  pembelian  konsumen  serta  seberapa besar   pengaruh   keputusan   pembelian   terhadap   kepuasan.   Penelitian   ini   merupakan penelitian sensus, dengan jumlah obyek dalam populasi sebanyak 48. Metode Penelitian yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  deskriptif  analisis.  Teknik  analisis data  yang  digunakan  adalah  teknik  analisis  korelasi  dan  teknik  analisis  jalur.  Teknik analisis  korelasi  untuk  mengetahui  keeratan  hubungan  antar  variabel,  sedangkan  teknik analisis jalur untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikatnya.  Perangkat  lunak  yang  digunakan  untuk  mengolah  dan  menganalisis  data penelitian  ini  adalah    SPSS  versi  19.0.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  kondisi variabel  produk,  harga,  distribusi,  promosi,  dan  keputusan  pembelian  termasuk  dalam kategori  baik,  sedangkan  variabel  kepuasan  pelanggan  termasuk  dalam  kategori  cukup baik.  Secara  berturut-turut  pengaruh  variabel  produk,  harga,  ditribusi,  dan  promosi terhadap  variabel  keputusan  pembelian  sebesar  25,95%,  21,37%,  19,02%,  dan  18,36%. Pengaruh simultan dari variabel produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap variabel keputusan pembelian adalah 84,70%. Sedangkan pengaruh variabel keputusan pembelian terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 87,60%.

Kata   kunci:produk,   harga,   distribusi,   promosi,   keputusan   pembelian,   kepuasan pelanggan.