Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Jurnal Ekonomi,Bisnis& EntrepreneurshipVol. 9, No. 1, April 2015, 1-15ISSN2443-0633
Judul: PENGARUH KUALITAS LAYANAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI STMIK MARDIRA INDONESIA BANDUNG
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pasundan
Jenis/sdm: dosen/0008055701#0429037401

Tahun: 2015

Penelitian dilakukan di STMIK Mardira Indonesia. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa   kepuasan   mahasiswa   di   STMIK   Mardira   Indonesia   belum   optimal.   Belum optimalnya  kepuasan  mahasiswa  tersebut  diduga  karena  disebabkan  oleh  faktor-faktor kualitas  pelayanan  yang  meliputi:  Bukti  Fisik,  Empati,  Keandalan,  Daya  Tahan  dan Kepastian  yang  diberikan.Berangkat  fenomena  diatas,  masalah  yang  dirumuskan  dalam penelitian ini sebagai berikut: Bagaimana faktor-faktor kualitas pelayanan dan kepuasan mahasiwa  STMIK  Mardira  Indonesia.  Seberapa  besar  Pengaruhfaktor-faktor  kualitas pelayanan  terhadap  kepuasan  mahasiwa  STMIK  Mardira  Indonesia  baik  secara  parsial maupun  simultan.Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah  deskriptif  analisis,  dengan jumlah  populasi  sebanyak  462  orang,  dan  didasarkan  pada  metode  pengambilan  sampel probability samplingdengan teknik stratified randomsampling dengan presisi 5%, maka yang diambil menjadi sampel sebanyak 215 orang. Teknik analisis  data yang digunakan adalah  analisis  jalur (Path  Analisys)untuk  mengetahui  derajat  keeratan  hubungan  antar variable penelitian, serta untuk mengetahui pengaruh, baik secara langsung maupun tidak langsung    variable    bebas    terhadap    variable    terikat.    Dalam    operasionalisasinya menggunakan  bantuan  software  SPSS  17  dan Ms.  Excel.Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa  faktor-faktor  kualitas  pelayanan  berpengaruh  secara  simultan  sebesar  59.4%  dan sisanya  sebesar  40.06  dipegaruhi  oleh  faktor-faktor  lain  yang  tidak  terungkap  dalam penelitian   ini.   Besarnya   pengaruh   langsung   Bukti   Fisik   1,66%,   Empati   0,37%   , Keandalan  2,34%,  Daya  Tahan  10,18%  dan  Kepastian  5,24%.  Total  Pengaruh  dari variable  Bukti  Fisik  7,5%,  Empati  3,5%  ,  Keandalan  10,2%,  Daya  Tahan  22,7%  dan Kepastian 15,5%.

Kata kunci:kualitas pelayanan;kepuasan mahasiswa