Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Pendidikan Matematika
Judul: Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Kudutif (Kubus Edukatif) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya
Jenis/sdm: dosen/0429068604

Tahun: 2015

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD pada materi bangun ruang dengan menggunakan Puzzle Kudutif. Media pembelajaran ini diujicobakan kepada siswa SD PB Kelapa Dua I kelas V semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Dipilih dua kelas, yaitu kelas V.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas V.2 sebagai kelas kontrol dengan kemampuan yang sama.Jenis penelitian yang dipilih yaitu kuantitatif dengan metode kuasi eksperimendan rancangan penelitian yang digunakan non equivalen control group design. Tahapan penelitian dilakukan dengan pemberian pretest, perlakuan dan postest. Data hasil penelitian ini diambil dari data N-Gain. Kemudian diolah menggunakan statistika inferensial, yaitu uji perbedaan rerata atau uji-t. Berdasarkan hasil uji perbedaan rerata dari data N-Gain disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan Puzzle Kudutif lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.