Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Pendidikan Matematika
Judul: Peningkatan Kemampuan Penyelesaian Soal Ujian Nasional Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Pelatihan Pengembangan Soal Hots Bagi Guru Matematika SMP
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya
Jenis/sdm: dosen/0420068305

Tahun: 2019

Penelitian ini didasari oleh tuntutan bagi siswa SMP untuk mampu menyelesaikan soal Ujian Nasional (UN) yang berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada beberapa tahun terakhir ini sehingga mengharuskan gurunya untuk mampu meyusun soal UN berorientasi HOTS dan mengajarkannya. Tujuan penelitian ini untuk menyelediki apakah ada peningkatan kemampuan menyelesaikan soal UN bagi guru matematika SMP  setelah mengikuti pelatihan tentang pengembangan soal UN berbasisi HOTS. Penelitian ini dilaksanakan di bulan Desember tahun 2018 kepada 18 orang guru matematika SMP yang berasal dari Kabupaten Bogor sebanyak 10 orang dan dari Kaputen Garut sebanyak 8 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis satu sampel dengan rancangan one group pretest-posttest design. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji peningkatan N-gain menggunakan uji-t dengan asumsi normalitas dipenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menyelesaikan soal UN bagi guru SMP  setelah mengikuti pelatihan tentang pengembangan soal UN berbasisi HOTS, dengan perolehan skor N-Gain sebesar 0,71.