Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Pendidikan Matematika
Judul: Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surya
Jenis/sdm: dosen/0420068305

Tahun: 2015

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi geometri.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian desain didaktis (didactial design research). Penelitian diawali
dengan studi pendahuluan untuk mendapatkan data kesulitan belajar (learning obstacle) yang dilaksanakan di SMP
Negeri 29 Bandung kelas IXE sebanyak 35 orang, SMA Negeri 1 Lembang kelas XI IPA2 sebanyak 41 orang, dan STKIP Siliwangi Bandung mahasiswa semester VI sebanyak 49 orang pada tahun pelajaran 2011/2012 semester genap. Selanjutnya, dikembangkan desain didaktis yang diujicobakan terbatas kepada 30 siswa kelas VIII B SMP Assalam Bandung. Dari uji coba terbatas dilakukan analisis untuk menyusun desain didaktis revisi. Hasil dari penelitian ini diantaranya perangkat pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran sebelum menggunakan desain didaktis
belum dapat menggali kemampuan penalaran matematis, desain didaktis penalaran matematis yang dikembang-
kan dapat memperkecil gap yang dihadapi siswa, dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap desain didaktis
yang dikembangkan.