Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Perlindungan Konsumen
Judul: Upaya Perlindungan Konsumen Indonesia
Perguruan Tinggi: Universitas Presiden
Jenis/sdm: dosen/0314026601

Tahun: 2019

Perlindungan konsumen merupakan usaha bersama antara konsumen, produsen, dan pembuat kebijakan publik. Apabila konsumen tidak menyadari akan hak-haknya sebagai konsumen dan tidak melakukan usaha apapun apabila dirugikan, maka upaya untuk menegakkan perlindungan konsumen akan sulit dilakukan. Tanpa inisiatif dan itikad baik produsen/pemasar, perlindungan konsumen juga sulit dilakukan. Praktek bisnis yang etis akan menghindari produsen dari pelanggaran terhadap hak-hak konsumen. Pembuat kebijakan mendukung penegakkan perlindungan konsumen melalui regulasi yang diterbitkannya. Kebijakan yang diterbitkan hendaknya mendorong praktek bisnis yang etis. Selain itu secara rutin dilakukan aktivitas pemantauan terhadap praktek bisnis yang diduga tidak etis. Tidak ketinggalan peran YLKI dalam membela dan menyuarakan kepentingan konsumen memberikan kontribusi yang besar dalam menegakkan perlindungan konsumen di Indonesia.