Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Manajemen Pemasaran
Judul: Pengembangan Model Relationship Marketing Untuk UMKM Mebel Jepara
Perguruan Tinggi: Universitas Presiden
Jenis/sdm: dosen/0610107801

Tahun: 2019

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi tulang punggung perekonomian di banyak Negara berkembang. Di Indonesia, UMKM telah terbukti mampu bertahan dalam krisis ekonomi sementara banyak perusahaan besar yang hancur. Fenomena ini menimbulkan ketertarikan penulis untuk menggali lebih dalam. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah “mengapa UMKM ini mampu bertahan dalam krisis?”. Banyak teori mencoba menjawab pertanyaan ini dengan sudut pandang dan perspektif masing-masing. Salah satu yang menarik adalah teori yang sedang menjadi trend dalam pemasaran, yaitu relationship marketing (RM). Dalam mendefinisikan RM, terdapat berbagai pandangan. Di satu pihak ada yang melihat RM dalam arti sempit yaitu hanya hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Dipihak lain, RM dipandang dari perspektif yang lebih luas, yaitu relationship antara perusahaan dengan para petaruh (stakeholders) yang ada, termasuk pemasok, pelanggan, agen penjualan, dsb.