Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Ilmu Komunikasi
Judul: ETNOGRAFI KOMUNIKASI BISNIS ETNIS SUNDA DI BANDUNG
Perguruan Tinggi: Universitas Kebangsaan
Jenis/sdm: dosen/0411088401

Tahun: 2017

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keingintahuan penulis mengenai
individu sunda dalam menjalin hubungan bisnis dengan relasinya. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek komunikasi bisnis yang
dilakukan oleh etnis sunda di Bandung, untuk mengetahui pola komunikasi
bisnis etnis sunda di Bandung, dan untuk mengetahui nilai-nilai komunikasi
bisnis etnis sunda di Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah
kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subyek penelitian ini adalah individu
sunda yang berbisnis di Bandung dalam bentuk pemikiran, perilaku, dan
tindakan dalam berbisnis. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara
dan observasi terhadap beberapa subjek penelitian serta studi pustaka
melalui buku referensi, jurnal komunikasi, dan website/ internet terkait dengan
penelitian. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan metode
purposive sampling, informan ini dipilih dengan
mempertimbangkan beberapa aspek satu diantaranya mempunyai kegiatan
bisnis baik dibidang jasa maupun produksi barang dan informan memahami
dunia bisnis. Teknik ini dilakukan untuk membatasi jumlah informan karena
luasnya wilayah Bandung dan terbatasnya waktu penelitian. Hasil penelitian
ini mengungkapkan adanya perbedaan dan persamaan terkait dengan aspekaspek, pola, dan nilai-nilai komunikasi bisnis etnis sunda di Bandung. Sesuai
dengan pendapat para ahli bahwa etnis sunda ramah dan religius, hal
demikian tergambarkan juga dalam berbisnis, Pebisnis sunda mempunyai
konsep bisnis islami dan mempunyai prinsip tidak merugikan orang lain.
Komunikasi dibangun dan dikembangkan dalam bentuk komunikasi antar
pribadi, komunikasi kelompok kecil, komunikasi secara verbal dan non verbal.
Penelitian Etnografi Komunikasi Bisnis Etnis Sunda di Bandung menghasilkan
sebuah konsep dan pemahaman secara nyata menganai konsep dan teori
dalam berbisnis khususnya etnis sunda yang ada di Bandung. Budaya sunda
ikut berperan penting menyukseskan dan memperlancar proses negosiasi
dan transaksi dalam dunia bisnis khususnya etnis sunda di Bandung.
Kata kunci:
sunda, bisnis, etnis