Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Ilmu Komunikasi
Judul: POLA KOMUNIKASI BISNIS ETNIS SUNDA DI BANDUNG
Perguruan Tinggi: Universitas Kebangsaan
Jenis/sdm: dosen/0411088401

Tahun: 2018

Abstrak: Bisnis merupakan kegiatan yang terencana untuk melakukan aktifitas guna mendapatkan
keuntungan secara materi, dengan demikian usaha untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan
suatu cara yang tepat. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keingintahuan penulis mengenai
individu etnis sunda dalam menjalin hubungan bisnis dengan relasinya.Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pola komunikasi bisnis etnis sunda di Bandung. Metode penelitian yang digunakan
adalah kualitatif deskriptif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu orang sunda yang
berdomisili di Bandung dan mempunyai kegiatan usaha,dan yang menjadi objek penelitian ini adalah
pola komunikasi bisnis etnis sunda di Bandung. Teknik wawancara menjadi salah cara untuk
mendapatkan data dari pelaku bisnis dan observasi terhadap beberapa subjek penelitian serta studi
pustaka melalui buku referensi, jurnal komunikasi, dan website/ internet yang terkait dengan
penelitian. Penelitian ini dalam memilih informan menggunakan metode purposive sampling,
informan ini dipilih dengan mempertimbangkan beberapa aspek satu diantaranya mempunyai
kegiatan bisnis baik dibidang jasa maupun produksi barang serta informan memahami dunia bisnis.
Teknik ini dilakukan untuk membatasi jumlah informan karena luasnya wilayah Bandung dan
terbatasnya waktu penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya perbedaan dan
persamaan pola komunikasi etnis sunda, Komunikasi dibangun dan dikembangkan dalam bentuk
komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok kecil, komunikasi secara verbal dan non verbal.
Penelitian Pola Komunikasi Bisnis Etnis Sunda di Bandung menghasilkan sebuah konsep dan
pemahaman secara nyata menganai konsep dan teori dalam berbisnis khususnya etnis Sunda yang
bermukim di Bandung.
Kata kunci: pola, bisnis, etnis

Abstract: Business is a human endeavor to fulfill the necessities of life in a material way, so the effort
to achieve that goal needs a proper way. This research is motivated by the writer's curiosity about
individual ethnic Sundanese in establishing business relationship with their relation. Purpose of this
study to determine the pattern of business communication ethnic Sundanese in Bandung. Research
method used is qualitative descriptive. Subjects in this study are Sundanese who live in Bandung
and have business activities, and which became the object of this research is the pattern of business
communication ethnic Sundanese in Bandung.Pengumpulan obtained through interviews of
business and observation of some research subjects as well as book study through the book
references, communication journals, and websites / internet related to the research.The technique
of selecting informant in this research is by using purposive sampling method, this informant chosen
by considering some aspect one of them have business activity either in service field and production
of goods and also informant understand business world. This technique is done to limit the number
of informants because of the area of Bandung and the limited time of research. Communication is
built and developed in the form of interpersonal communication, small group communication, verbal
and non verbal communication. Research Pattern Business Communication Ethnic Sundanese in
Bandung produce a concept and understanding of realize the concepts and theories in business,
especially ethnic Sundanese in Bandung.
Keywords: pattern, business, ethnic