Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Algoritma
Judul: TEORI PERMAINAN MENGGUNAKAN ALGORITMA KUNANG-KUNANG
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
Jenis/sdm: dosen/0401067008

Tahun: 2019

Teori permainan merupakan suatu model matematika yang digunakan dalam situasi konflik atau persaingan antara berbagai kepentingan yang saling berhadapan sebagai pesaing. Model untuk menyelesaikan permainan strategi campuran adalah masalah pemrograman linier. Dalam penelitian sebelumnya untuk menyelesaikan masalah pemrograman linier digunakan kombinasi metode simpleks dan metode pivot dan metode aljabar matriks. Tujuan penelitian ini mencari solusi optimal dari masalah pemrograman linier menggunakan pendekatan numerik yaitu metode metaheuristik algoritma kunang-kunang pada Matlab. Dari simulasi numerik, solusi optimal yang diperoleh cenderung berbeda-beda hal ini disebabkan karena hampir seluruh proses dalam algoritma kunang-kunang menggunakan bilangan acak yang sangat berpengaruh.