Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Analisis
Judul: Identifikasi Faktor-Faktor Menggunakan Exploratory Factor Analysis untuk Meningkatkan Pelayanan Terhadap Pelanggan Hotel XYZ
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
Jenis/sdm: dosen/0407089001

Tahun: 2017

Di era modern seperti sekarang ini hotel menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Tidak hanya untuk tempat menginap saja, hotel dimanfaatkan untuk tempat perayaan wedding, meeting dan outbond pun bisa dilakukan di hotel. Dalam bisnis hotel diperlukan serv quality yang baik. Bisnis hotel adalah bisnis yang sangat menguntungkan dan sustainable atau bertahan lama. Salah satu hal yang pasti dari memiliki bisnis hotel adalah mendapatkan nilai jual property hotel yang jauh lebih tinggi dari modal yang keluarkan pada saat pembangunannya, bahkan apabila hotel anda selalu ramai dikunjungi tamu dengan tingkat huni yang tinggi maka nilai hotel akan berlipat-lipat. Disinilah kuncinya mengapa pengusaha yang sudah memiliki satu hotel akan dalam waktu yang tidak terlalu lama memiliki hotel baru yang lain. Berbeda dengan bisnis lain, kesuksesan bisnis hotel dikarenakan para pemilik maupun pengelola hotel lebih banyak menitikberatkan kepada faktor SDM sebagai pelaksana. Sudah banyak slogan perusahaan besar pengelola hotel yang menyatakan bahwa bisnis hotel adalah mengenai bagaimana menyenangkan para tamu dan untuk dapat menyenangkan para tamu maka para karyawan yang bekerja di suatu hotel haruslah merasa senang terlebih dahulu, dan bagaimana untuk membuat karyawan senang, tentu banyak caranya. Selain itu, faktor lokasi, faktor harga, faktor kebersihan dan kenyamanan, faktor fleksibilitas juga memegang peranan yang sangat penting terdadap kesuksesan bisnis ini, sehingga bagi anda yang berencana memulai bisnis hotel dapat mempertimbangkan faktor-faktor diatas. Atas dasar itu, maka di pandang perlu dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa yang menjadi faktor penyebab agar service quality bisa terpenuhi. Setelah diidentifikasi faktor-faktor penyebab tersebut diharapkan dapat memberikan solusi untuk meningkatkan pelayanan terhadap konsumen