Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: manajemen
Judul: Analisis dan Optimasi Sistem Antrian di Gerai Minuman Cepat Saji
Perguruan Tinggi: Universitas Pembangunan Jaya
Jenis/sdm: dosen/0407067307#0408036801

Tahun: 2019

Antrian adalah suatu fenomena yang tidak dapat dihindari saat ini, perusahaan manufaktur dan jasa dituntut untuk dapat mengurangi antrian dalam memberikan pelayanannya kepada pelanggan. Perkembangan industri di bidang makanan dan minuman pada saat ini sudah sangat berkembang pesat. Industri makanan dan minuman masih menjadi andalan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan mampu tumbuh sebesar 8,41% pada 2018. Chatime adalah suatu industri makanan dan minuman yang bergerak pada minuman teh, masalah yang terjadi pada saat ini adalah padatnya antrian yang terjadi sehingga terjadinya penumpukan pelanggan dan waktu menunggu untuk dilayani yang lama. Data penelitian ini diambil selama 2 hari pada 24 dan 25 Agustus pada pukul 13:00-15:00 yang dilakukan di fase pemesanan dan fase pengambilan di Chatime Mall Of Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem antrian yang terjadi di Chatime sekarang belum optimal dengan jumlah rata-rata antrian yang terjadi pada fase pemesanan yaitu 11 orang dan fase pengambilan yaitu 9 orang, waktu rata-rata orang dalam antrian pada fase pemesanan yaitu 18,33 menit dan fase pengambilan yaitu 17,93 menit. Optimasi yang dilakukan adalah dengan melakukan penambahan server pada tahap pemesanan menjadi 2 orang sehingga dapat mengurangi jumlah antrian menjadi 0 antrian dan rata-rata waktu menunggu dalam antrian menjadi 2,112 menit/orang.