Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Pembangunan dan penguatan sosial budaya
Judul: Desain Interaksi Sistem Otomasi Adzan sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Masjid
Perguruan Tinggi: Universitas Telkom
Jenis/sdm: dosen/0401048701#0415048502#0420117602#7708174125#7708170135#7708174094

Tahun: 2020

Adzan dikenal oleh semua umat muslim sebagai penanda waktu shalat wajib atau sebuah panggilan untuk melakukan shalat. Adzan menjadi waktu patokan atau sebuah pertanda sudah masuknya waktunya shalat. Setiap umat muslim tentu melakukan ibadah shalat wajib lima waktu berdasarkan adzan, ketika adzan sudah terdengar atau sudah dikumandangkan, maka akan bersegera berwudhu dan melakukan shalat wajib.

Di masa pandemi saat ini, peluang untuk tersebarnya virus melalui perangkat-perangkat yang berada di dalam masjid, terutama perangkat untuk adzan seperti microphone dan saklar untuk menyalakan amplifier, menjadi sangat besar. Hal ini akan menjadi semakin besar peluang penyebarannya jika di masjid tersebut tidak dilengkapi dengan perlengkapan standar protokol keamanan.

Sistem otomasi adzan ini disajikan dalam bentuk hardware berupa papan controller yang dilengkapi dengan modul yang dapat menyalakan dan mematikan amplifier secara otomatis. Faktor kebiasaan yang ada di masyarakat, terutama masalah keterbukaan dalam menerima hal baru dari luar, menjadi tantangan tersendiri untuk menerapkan sistem otomasi ini.

Penelitian ini menerapkan konsep desain interaksi pada tata cara adzan dengan memanfaatkan teknologi, dan diharapkan masyarakat dapat menerima teknologi tersebut untuk diterapkan di lingkungan masjid, sehingga upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan masjid dapat dilaksanakan.