Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Kesekretariatan
Judul: Kompetensi Dan Kebutuhan Sekretaris Dan Administrasi Profesional Terkini Di Sepuluh Perusahaan Indonesia
Perguruan Tinggi: Akademi Sekretari Dan Manajemen Bina Insani
Jenis/sdm: dosen/ 0411087302#0402097103

Tahun: 2017

Sekretaris dan administrasi profesional abad 21 memiliki tantangan yang lebih komplek dibandingkan
beberapa tahun lalu. Pengetahuan, keterampilan dan kompetensi yang dimiliki harus disesuaikan dengan
kebutuhan pasaran global. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pelamar posisi sekretaris dan administrasi profesional di sepuluh perusahaan ternama di Indonesia. Data ini berasal dari situs lokerjobindo, jobsdb dan web perusahaan atau whatsApp periode 2016 - 2017. Penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi minimal bagi sekretaris dan staf administrasi profesional yang harus dimiliki dan paling dicari di kalangan perusahaan itu adalah adanya kesesuaian pendidikan dengan bidang pekerjaan yang akan digelutinya, kepribadian yang menarik, kemampuan ketrampilan berkomunikasi dan kemampuan dalam penggunaan teknologi informasi perkantoran. Selain itu untuk dapat bersaing di era global sekretaris dan administrasi profesional harus memiliki kemampuan critical thinking, communication, collaboration, and creativity and innovation. Satu dari sepuluh perusahaan mensyaratkan sekretarisnya memiliki kemampuan communication, collaboration dan creativity. Perusahaan tersebut dengan di dukung oleh sumber
daya sekretaris yang mumpuni, akan mampu memasuki kancah global dan siap bersaing di dunia globalisasi.

Kata Kunci : sekretaris, globalisasi, kompetensi.

Secretary and administration of 21st century professionals have more complex challenges than a few years ago. Their knowledge, skills and competencies must be tailored to the needs of the global market. This study uses secondary data that is the data requirements that must be complied by the applicant candidates for secretarial and professional administration positions in ten leading companies in Indonesia. This data comes from sites lokerjobindo, jobsdb and web company or whatsApp period 2016 - 2017. Research shows that the minimum qualifications for the secretary and professional administrative staff are the suitability of education with the field of work, interesting personality, ability to communicate skills and ability in using of office’s information technology. In addition to being able to compete in the global era of secretary and professional administration must have the ability of critical thinking, communication, collaboration, and creativity and innovation. One in ten companies requires the secretary to have communication, collaboration and creativity skills. This company is supported by the resources of a qualified secretary, will be able to enter the global arena and ready to compete in the world of globalization.

Key words : secretary, globalization, competencies.