Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Tingkat Kecemasan Anak Usia Pra Sekolah
Judul: Efektivitas Terapi Bermain Puzzle dengan Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Pra Sekolah di RSUD 45 Kuningan
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Garawangi
Jenis/sdm: dosen/0405108503#9904005008#CKR0120028

Tahun: 2016

Pengantar: Data Survei Kesehatan Nasional tahun2010 jumlah anak yang menjalani hospitalisasi usia 0-21 tahun mencapai 14,44% dihitung dari keseluruhan jumlah penduduk. Hospitalisasi dapat mengakibatkan tingkat kecemasan anak meningkat, untuk mengurangi kecemasan anak dapat dilakukan terapi bermain yaitu puzzle dan mewarnai gambar. Dengan melakukan permainan, anak akan terlepas dari ketegangan dan stres yang dialaminya. Penelitian ini bertujuan untuk nenyetahui Efektivitas Terapi Bermain Puzzle dengan Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Pra Sekolah di RSUD 45 Kuningan.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan the reversed_treatment nonequivalent control group design with pretest and posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan pendekatan nonprobability sampling dan jumlah sampel sebanyak 24 responden. Data yang diperoleh melalui pengisian lembar observasi, dengan uji statistik menggunakan uji dependent sample T-test dan Independent sample T-test.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa terapi bermain puzzle dan mewarnai gambar terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kecemasan anak yang menjalani hospitalisasi dengan nilai p=0,000 pada setian jenis terapi bermain. Dilihat dari selisih angka kedua terapi bermain, terapi bermain puzzle lebih cepat dalam menurunkan tingkat kecemasan dari jenis terapi mewarnai gambar. Hasil uji statistik menunjukan nilai p=0,291 pada kedua kelompok terapi, yang artinya bahwa kedua kelompok terapi bermain memiliki efektivitas yang sama terhadap penurunan tingkat kecemasan.