Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: -
Judul: ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA MAKALAH MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PAMULANG
Perguruan Tinggi: Universitas Pamulang
Jenis/sdm: dosen/0411118903

Tahun: 2017

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesalahan huruf kapital, (2) kesalahan penulisan kata depan dan imbuhan, (4) kesalahan penulisan unsur serapan, dan (4) kesalahan pemakaian tanda baca pada makalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Untuk memperdalam dan lebih fokus, maka sampel penelitian ini berjumlah 21 makalah yang terdiri dari makalah mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia Reguler B dan C. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik membaca dan mencacat, sedangkan instrumen pengumpulan data dengan menggunakan human instrument, yaitu peneliti sendiri. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh dengan cara intrarater dan interrater.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan ejaan pada makalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi sebanyak 162 kesalahan yang terdiri: (1) kesalahan pemakaian huruf kapital sebanyak 78 kesalahan, (2) kesalahan penulisan kata depan di dan ke sebanyak 42 kesalahan, yang meliputi kesalahan penulisan kata depan di sebanyak 7 kesalahan, kesalahan penulisan kata depan ke sebanyak 2 kesalahan, sedangkan imbuhan di- sebanyak 33 kesalahan, dan kesalahan imbuhan ke- serta kata depan dari tidak ditemukan kesalahan pada makalah mahasiswa, (3) kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 40 kesalahan, yang meliputi kesalahan pemakaian tanda baca titik (.) sebanyak 37 kesalahan, kesalahan pemakaian tanda baca titik dua (:) sebanyak 3 kesalahan,  dan kesalahan pemakaian tanda baca koma (,), kesalahan pemakaian tanda hubung (-), kesalahan pemakaian tanda tanya (?), dan (4) kesalahan pemakaian tanda seru (!), kesalahan pemakaian tanda baca titik koma (;), kesalahan pemakaian tanda petik tunggal (‘…’), kesalahan pemakaian tanda petik (“…”), dan kesalahan pemakaian garis miring (/) tidak ditemukan kesalahan.