Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: ANALISIS KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KALIMAT DALAM KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Judul: ANALISIS KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KALIMAT DALAM KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Perguruan Tinggi: Universitas Pasundan
Jenis/sdm: dosen/0426068802

Tahun: 2018

 Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan kalimat  dalam makalah mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berupa 25 makalah yang ditulis oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) tahun akademik 2016/2017. Teknik pengumpulkan data menggunakan dokumentatif, sedangkan teknik analisis data menggunakan prosedur kerja analisis kesalahan berbahasa yang meliputi, identifikasi data, klasifikasi data, dan penentuan frekuensi kesalahan, serta menyajikan perbaikannya. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 94 kesalahan berbahasa yang meliputi kesalahan dalam aspek struktur kalimat 24,7%, kesejajaran 16,5%, ejaan 26,8%, diksi 23,7%, dan kelogisan 5,32 %. Kesalahan terbanyak dalam penggunaan kalimat efektif  terdapat pada kesalahan  penggunaan struktur kalimat, ejaan, dan diksi. Oleh karena itu, perlu upaya yang harus dilakukan dalam mengatasi kesalahan  penggunaaan kalimat  dengan membaca buku tata bahasa atau PUEBI, kamus, dan buku-buku penunjang lainnya. Selain itu, hasil penelitian ini berimplikasi pada perbaikan bahan ajar bahasa Indonesia dan teknik penyajian dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: kalimat efektif, karya tulis ilimiah, mahasiswa