Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: PENELITIAN DISERTASI DOKTOR
Judul: KAJIAN TENTANG REKAYASA LALU LINTAS DENGAN POLA SISTEM SATU ARAH (SSA) DI KECAMATAN BOGOR TIMUR KOTA BOGOR
Perguruan Tinggi: Universitas Ibn Khaldun
Jenis/sdm: dosen/0420106802

Tahun: 2017

Kota Bogor merupakan penyangga ibukota Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kota Bogor tidak berbatasan langsung dengan Jakarta, akan tetapi kota Bogor merupakan daerah transit dan tempat warga Jakarta dan sekitarnya untuk beristirahat, berburu kuliner yang tumbuh dan berkembang pesat. Kota Bogor juga menjadi percontohan sebagai kota penerapan Sistem Satu Arah (SSA) dan percontohan sistem Contra Flow, sistem buka tutup dikawasan Puncak Bogor. Jika dikaji lebih dalam lagi arus lalu lintas dan pola pergerakan penduduk kota Bogor sangatlah beragam dan sangat rumit. Mengkaji rekayasa lalu lintas dengan pola satu arah yang diterapkan Pemerintah Kota Bogor adalah untuk mengurangi kemacetan disekitar Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor. Pola inilah yang penulis ingin kaji setelah penerapan SSA selama 3 tahun terakhir. Dampak sosial, dampak ekonomi, dampak lingkungan serta dampak tidak langsung lainnya yang menimbulkan kesenjangan. Demikian juga segi positif yang diharapkan bisa tumbuh dalam pola ini akan penulis kaji dengan melibatkan konsep-konsep yang penulis dapatkan di bangku kuliah. Tingkat kemacetan lalu lintas jalan raya terhadap pengguna jalan, pengguna pedestrian dan kebisingan yang ditimbulkan kendaraan bermotor. Pola yang diterapkan sekarang apakah mendukung kegiatan para pengguna lalu lintas disekitar pusat kota Bogor. Hasil yang akan diharapkan dari penelitian adalah model penanganan rekayasa lalu lintas dalam menangani kemacetan kota, model penangan sistem transportasi dengan pola keberlanjutan kota, penangan dari model matrik asal tujuan terutama yang bergerak dalam areal pasar Bogor, Istana Negara dan Kebun Raya Bogor. Pengambilan data dilaksanakan beberapa tahap yaitu data-data yang diambil langsung di lapangan seperti kecepatan, volume dan kepadatan lalu lintas kendaraan bermotor memakai data primer, pola SSA memakai data primer dan sekunder serta dampak-dampak yang ditimbulkan menggunakan data primer dan sekunder. Pengolahan data menggunakan Metode fuzzy Logic, Model ISM dan Sistem Pakar dan Model pengolah Stella dan metode PTV VISTRO (www.transforum.co.id/Pustral-UGM)