Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Profitability, Size perusahaan, Growth, Tangibility, Liquidity, adopsi IFRS, Good Corporate Governance, Struktur Modal
Judul: PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE SERTA KARAKTERISTIK PERUSAHAAN PADA STRUKTUR MODAL DAN NILAI PERUSAHAAN
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ppi
Jenis/sdm: dosen/0408016602

Tahun: 2018

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Good Corporate Governance dan Adopsi IFRS serta Karakteristik Perusahaan pada Struktur Modal” Study kasus Perusahaan yang Tergolong LQ45 yang terdaftar di BEI Periode 2011-2015. Hasil penelitian Profitability, Size perusahaan, Growth, adopsi IFRS, Institutional Ownership serta Komisaris Independen berpengaruh positif terhadap struktur Modal, sedangkan Tangibility dan Liquidity serta Manejerial Ownership berpengaruh Negatif terhadap Struktur modal.

Temuan lainnya membuktikan bahwa mekanisme corporate governance tidak  mampu memperkuat pengaruh adopsi IFRS terhadap Struktur Modal. Pengukuran mekanisme corporate governance dengan menggunakan nilai komposit GCG kurang mampu merefleksikan Modal Kerja Perusahaan, karena hasil self assessment cenderung mengandung unsur subjektivitas. Adanya tekanan regulasi juga  menyebabkan  perusahaan  tidak sepenuhnya  memenuhi tanggung  jawabnya kepada  stakeholders. Implikasi dari penelitian ini adalah yang tergolong LQ45 harus menerapkan mekanisme  corporate governance dengan lebih baik lagi sehingga tanggung jawabnya kepada stakeholders dapat terpenuhi dan bukan hanya sekedar  untuk memenuhi tuntutan regulasi dan kepentingan sekelompok stakeholders.