Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Lembaga Keuangan
Judul: Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas Bank terhadap Indeks Harga Saham Sektoral pada Bank Milik Pemerintah Periode 2004-2009
Perguruan Tinggi: Institut Manajemen Koperasi Indonesia
Jenis/sdm: dosen/0027106501

Tahun: 2013

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Indeks Harga Saham perbankan pada Bank Milik Pemerintah Indonesia periode 2004-2009. Pada Penelitian ini penulis mengambil indikator ROA untuk Profitabilitas dan indikator LDR untuk Likuiditas.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Adapaun analisis data statistik yang digunakan penulis adalah Analisis Jalur dengan pengujian hipotesis menggunakan uji F, melalui program SPSS 14.0.

Selanjutnya untuk variabel Profitabilitas dan Likuiditas dengan IHSS, diperoleh nilai korelasi sebesar 0,645 yang artinya terdapat korelasi yang kuat dengan arah positif antara Profitabilitas dan Likuiditas dengan IHSS. Kemudian berdasarkan koefisien determinasi menunjukkan besarnya pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas terhadap IHSS sebesar 41,6% sedangkan sisanya 58,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa tingkat Profitabilitas dan Likuiditas dengan tingkat signifikansi 5% memiliki pengaruh terhadap IHSS hal ini ditunjukan dengan nilai Fhitung>Ftabel. Kemudian berdasarkan koefisien determinasi menunjukan besarnya pengaruh Profitabilitas terhadap IHSS sebesar 62,8% dan sisanya 37,2% dipengaruhi oleh faktor lain.