Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Manajemen Koperasi
Judul: Pengaruh Implementasi Nilai, Prinsip dan Kepemimpinan Koperasi terhadap Kualitas Rapat Anggota Tahunan (Survei pada Koperasi di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur)
Perguruan Tinggi: Institut Manajemen Koperasi Indonesia
Jenis/sdm: mahasiswa/MM15099

Tahun: 2017

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Implementasi Nilai, Prinsip dan Kepemimpinan Koperasi terhadap Kualitas Rapat Anggota Tahunan Koperasi Di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Metode penelitian menggunakan kuantitatif, dengan variabel penelitian terdiri dari tiga variabel bebas yaitu Nilai-Nilai Koperasi, Prinsip-Prinsip Koperasi  dan  Kepemimpinan  Koperasi,  serta  satu  variabel  terikat  yaitu  Kualitas  Rapat Anggota Tahunan. Populasi penelitian berjumlah 94 Koperasi, menggunakan teknik penarikan sampel  area  proportional  random sampling, dengan  menggunakan rumus  Slovin  didapat sampel penelitian sebanyak 49 koperasi. Responden penelitian ini adalah pengurus, pengawas dan anggota koperasi.

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan  antara  nilai-nilai  koperasi  terhadap  kualitas  rapat  anggota  tahunan,  dimana koefisien korelasi r = 0,585 dan koefisien determinasi r²= (0.585)² = 34,2%.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Prinsip-prinsip koperasi terhadap kualitas rapat anggota tahunan,  dimana  koefisien  korelasi  r  =  0,588  dan  koefisien  determinasi  =  (0.589)²  =

34,7%.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan koperasi terhadap kualitas rapat anggota tahunan, dimana koefisien korelasi r = 0,414 dan koefisien determinasi = (0,414)² = 17,1%. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan nilai, prinsip dan kepemimpinan koperasi secara bersama-sama terhadap kualitas rapat anggota tahunan koperasi di Kabupaten Ende, dimana koefisien korelasi r = 0,711 dan koefisien determinasi r²

= (0,711)² = 50,6 % sedangkan sisanya 49,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Upaya-upaya yang harus dilakukan oleh pengurus, pengawas dan anggota koperasi untuk meningkatkan kualitas rapat anggota tahunan koperasi di kabupaten Ende, adalah 1) implementasi nilai-nilai koperasi yang harus diperbaiki pada sub variabel Kesetiakawanan, Tanggung jawab sosial, dan Peduli terhadap orang lain. 2) Implementasi Prinsip-prinsip koperasi yang harus diperbaiki meliputi sub variabel: Pendidikan perkoperasian dan Kerja sama antar koperasi.