Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Pendidikan Matematika
Judul: Analisis Kemampuan Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menyiapkan Pembelajaran yang Efektif pada Matakuliah SBMM
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/#0414117904

Tahun: 2017

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam menyiapkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan meliputi perencaan dan praktik mengajar pada mata matakuliah Strategi Belajar dan Mengajar Matematika (SBMM). SBMM adalah mata kuliah yang memberikan pengetahuan dan praktik bagaimana mendesain pembelajaran matematika dengan metode, model, pendekatan dan strategi pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran matematika lebih bermakna, efien dan tentunya menyenangkan. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan Subjek penelitian seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah SBMM pada semester Genap tahun akademik 2015/2016. Instrumen pengumpulan data berupa skor pada:  1) lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran, 2) lembar observasi  praktik keterampilan dasar mengajar, dan 3) lembar penilaian kompetensi mahasiswa.  Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa mahasiswa program studi pendidikan matematika Univerditas Muhammadiyah Tangerang sudah mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran matematika yang efektif dan menyenangkan sesuai dengan kompetensi guru yang diharapkan.

Kata Kunci: Rencana Pembelajaran, Strategi belajar mengajar matematika, pembelajaran efektif