Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Pendidikan
Judul: PENINGKATAN KETERAMPILA BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DENGAN TEKNIK DISKUSI PENINGKATAN KETERAMPILA BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF DENGAN TEKNIK DISKUSI IMPROVING STUDENT'S ARABIC SPEAKING SKILL THROUGH COMMUNICATIVE APPROACH WITH TECHNICAL DISCUSSION
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/#0407118002

Tahun: 2018

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa melalui pendekatan komunikatif dengan teknik diskusi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2014, bertempat di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Kindy Kebon Jeruk Jakarta Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Adapun setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, wawancara, dan rekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan komunikatif dengan teknik diskusi terjadi suasana pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) sehingga keterampilan berbicara bahasa Arab siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan, pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 11 siswa atau 45,8 %, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 19 siswa atau 79,2 %, terjadi peningkatan 33,4 %. Adapun untuk rata-rata kelas pada siklus I adalah 66, dan rata-rata kelas pada siklus II  meningkat menjadi 81,6. Demikian pula Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan komunikatif selama empat kali pertemuan dapat berjalan dengan baik, dari hasil pengamatan selama pembelajaran melalui metode pendekatan komunikatif berlangsung, diperoleh data bahwa aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran melalui pendekatan komunikatif dengan teknik diskusi pada siklus I mencapai 62,5 %, dan pada siklus II mencapai 100 %. Sedangkan untuk aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran pendekatan komunikatif pada siklus I mencapai 78,57 % dan pada siklus II mencapai 100 %. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui pendekatan komunikatif degan teknik diskusi dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa.
Kata Kunci : Pendekatan Komunikatif, teknik diskusi, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab