Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: DESAIN PEMBELAJARAN
Judul: DESAIN PEMBELAJARAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM NURUL HASANAH KOTA TANGERANG
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/0322117402#0414117904

Tahun: 2018

Pecahan merupakan salah satu topik matematika yang hampir selalu menjadi masalah bagi siswa sekolah dasar. Masalah tersebut muncul karena umumnya siswa tidak memahami konsep pecahan. Operasi pecahan melibatkan lebih banyak prosedur yang harus ditempuh daripada operasi bilangan bulat di mana beberapa hasil operasinya menghasilkan bilangan yang sulit dipahami secara nalar. Penelitian ini merupakan penelitian desain (design research) yang dirancang untuk memberikan suatu pertimbangan yang baik terhadap proses pembelajaran operasi pecahan melalui dugaan-dugaan yang dibangun dalam kerangka analisis hypotetical learning trajectory (HLT) yang kemudian diujicobakan dalam pembelajaran matematika realistik (PMR). Fungsi dari HLT ini selain bahan rujukan pembelajaran juga tindakan antisipatif terhadap segala kemungkinan aktivitas yang dilakukan siswa selama pembelajaran khususnya pada saat siswa mengkontruksi pengetahuan formal dari pengetahuan informal yang dibangun melalui proses matematisasi. Tujuan umum dari penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas, proses serta prosedur pembelajaran matematika realistik di sekolah dasar pada topik pecahan. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah merancang prototipe desain pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik di sekolah dasar pada topik pecahan; menganalisis pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik sesuai dengan prototipe yang telah dirancang; dan mengetahui dan menganalisis karakteristik pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik pada topik pecahan. Tujuan dari penelitian ini tergambar dari teori instruksional lokal (local instructional theory) yakni berupa suatu pertimbangan yang baik terhadap proses pembelajaran yang memberikan jawaban secara umum terhadap suatu topik yang diajarkan.