Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Manajemen Strategik Koperasi
Judul: Manajemen Strategik Keuangan Koperasi
Perguruan Tinggi: Institut Manajemen Koperasi Indonesia
Jenis/sdm: dosen/0424036001

Tahun: 2005

Perencanaan keuangan diperlukan untuk  mendukung pengembangan  usaha  dan menghindarkan kesulitan keuangan. Perencanaan  keuangan mencakup perencanaan strategis  dan  perencanaan   operasional.

 

Ciri usaha koperasi adalah prinsip identitas di mana pelanggan  adalah  juga pemilik. Keuntungan dari ciri usaha  ini  adalah mengurangi kesenjangan  informasi serta  biaya transaksi.  Hal ini juga berlaku  dalam penarikan dana dari anggota.  Sayangnya  anggota koperasi  banyak yang kemampuan keuangannya rendah,  sehingga  sulit  mengumpulkan dana  yang besar dari anggota.  Oleh karena itu penggunaan dana untuk memperoleh aset, baik dalam bentuk  modal kerja maupun  aktiva tetap,  seharusnya mengingat kondisi ini. Perencanaan usaha  yang terlalu ambisius  akan membahayakan kelangsungan usaha  koperasi itu sendiri.

 

Di samping  perencanaan strategis diperlukan perencanaan operasional. Dari  aspek  keuangan  perlu disusun  anggaran, baik anggaran  operasional  maupun anggaran  kas,  dilengkapi dengan anggaran neraca  dan laba rugi. Dengan  instrumen di atas dapat dilakukan pengendali